//
you're reading...
Uncategorized

“Kamu takut ya hutang budi ama saya ?”

Mengingat kembali statement  itu, mengingat kembali masa itu….

kurang lebih sudah sepuluh tahun yang lalu, ketika masih duduk di bangku kuliah. seperti biasa, kulangkahkan kakiku menuju pemberhentian bus kampus. Hari hari terakhir menjelang wisuda, wisuda yang “sepi” bagiku karena baru beberapa saat sebelumnya Bapakku meninggal dunia karena sakit.

Suasana kampus masih seperti biasanya, akupun melangkahkan kaki menuju kantek (kantin teknik). Kantek dipenuhi dengan teman2 yang bersenda gurau, ada yang tengah diskusi, ada yang sedang sarapan, dan ada yang sedang mengerjakan tugas. Di sebelah kanan kantek kulihat beberapa teman senat sedang berkumpul membahas suatu agenda. Akupun masuk ke dalam ruang senat, ruang dimana di tahun terakhir itu aku diamanahi sebagai Ketua Bidang Pendidikan Senat FTUI. Suatu amanah yang aku sendiri tidak tahu, kenapa harus aku, mengingat Ip-ku yang pas2an 3, yah kujalani saja, setidaknya aku bisa mengaktualisasikan pemikiranku di dunia pendidikan, yang biaya perkuliahannya sudah tidak murah lagi, yang membuat beberapa teman terpaksa harus mundur dari kuliah karena tidak sanggup membayar uang masuk kuliah…

“Sus, dicari lo ma bokap lo”…temanku menyapaku. “Bokap” itu panggilan untuk Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan saat itu Dr Ir. Ferryanto Chaidir (alm), karena beliau sudah seperti ayah bagi kami, karena perhatian beliau yang besar kepada mahasiswa mahasiswinya. ” Oh ya, ngapain ya nyari2, perasaan LPJ keuangan bidang pendidikan dah beres” jawabku saat itu. Kemudian, akupun menuju jurusan Teknik Industri, jurusan yang aku ambil untuk kuliah di UI, untuk kemudian menyelesaikan urusan administrasi karena beberapa saat lagi sudah wisuda.

Sore harinya, semua administrasi di jurusan selesai, setelah sholat Ashar akupun bersiap meninggalkan kampus untuk memberi les privat anak SMU yang sudah berjalan selama hampir dua tahunan terakhir, mengajar les, yang bisa membantu memberiku tambahan uang untuk tetap bertahan hidup dan kuliah di Jakarta.

Di depan kampus, di tempat pemberhentian bus, mobil blazer warna hitam pun berlalu, kukenal pasti siapa pemilik mobil tersebut, yah, siapa lagi klo bukan bokap alias Pak Wakil Dekan alias Pak Ferry. Sejurus kemudian, berhentilah si blazer dan mundur hingga tepat di depanku. Perlahan Pak Ferry membuka kaca mobilnya, dan berkata ” Sus, mo kemana? “. ” Biasa pak, mo ngajar les, yang di pasar minggu.” jawabku saat itu. ” Udah, ikut gue aja, ntar turun pasar minggu” ungkap beliau. Bahasa beliau yang sangat lugas dan friendly memang membuat banyak orang menilai beliau ramah, tanpa mendudukkan posisi bahwa beliau adalah seorang Wakil Dekan, pencerminan kerendahhatian yang membuatku dan teman teman senat yang lainpun kagum akan beliau. Akupun masuk ke mobil tanpa basa basi lagi. Sepanjang perjalananpun kamipun mulai ngobrol. ” Sus, nanti pas kamu wisuda ibu datang kan?”, pertanyaan awalnya. “Iya Pak” jawabku. ” Oh, klo begitu, nanti ibu tinggal di hotel Makara UI saja” ungkap beliau. Langsung terperanjat mukaku, kaget plus heran karena aku berpikir tidak mungkin aku membayar sewa hotel Makara UI, uangku sangat mepet mengingat Bapakku sudah meninggal dan tidak mungkin aku memberatkan ibuku dengan meminta uang kepada beliau. ” Tenang Susi, bukan Susi yang bayar koq”, penyataan beliau melihat wajahku yan pucat. ” Bapak, terima kasih banyak, tapi Bapak sudah banyak membantu saya dan teman-teman dengan memberi keringanan biaya kuliah, saya tidak ingin merepotkan lagi”, jawabku kemudian.” Kamu takut ya hutang budi ama saya?”penyataan beliau yang sangat mengejutkan, tak pernah terbersit beliau akan berkata seperti itu. ” Bukan begitu Pak, almarhum bapak saya berpesan agar sepeninggal beliau sebis a mungkin saya tidak merepotkan siapapun, selama masih ada opsi yang memungkinkan untuk dikerjakan sendiri”, jawabku mencoba menjelaskan…

Yah, mungkin terlalu idealis kali ya atau aku terlalu sombong dan arogan untuk menerima bantuan???ehmm, setidaknya aku hanya berusaha untuk tidak merepotkan orang lain seperti halnya pesan almarhum Bapak…yah, ini hanya bagian dari usaha…

Sebulan kemudian aku diterima bekerja di sebuah anak perusahaan Mitsubishi corp, setelah bersaing dengan sekitar 400 orang pendaftar dan hanya diterima 6 orang, suatu anugerah yang luar biasa saat itu. Setelah menerima gaji pertama aku berniat mentraktir teman- teman dan adik kelas di Bakmi Margonda, dan terkejutnya aku melihat Pak Ferry juga datang ternyata. Kamipun bercerita, bercanda, Alhamdulillah suasana yang sangat menyenangkan bisa berkumpul. Sudah menjelang larut malam, esok harinya harus bekerja kembali, kamipun mengakhiri obrolan malam itu. Tiba-tiba ” tunggu, saya ke belakang dulu, jangan ditutup dulu”, kata Pak Ferry memberikan instruksi agar kami tidak bubar duluan. Dan tenyata, ke belakang yang dimaksud Pak Ferry adalah ke kasir untuk membayar billing yang mestinya menjadi tanggung jawabku….ahhh, aku kecolongan..dengan sedikit marah aku bilang ” Bapak bohong ya, katanya ke belakang!!!”…

Nb : saya selipkan do’a untuk Alm Bapak saya dan Alm Bapak saya sewaktu di kampus dulu, do’a yang terbaik untuk beliau-beliau, semoga terampuni dosanya, ditempatkan di tempat yang terbaik olehNya, sebagaimana kebaikan-kebaikan dan ilmu yang telah beliau-beliau tinggalkan dan tak akan terlupakan.

Saga, Japan, October 2011

About soesi

just trying to write about my life journal, about experience of life with smile, laugh, worry,exciting and sometimes tears by time of time. just follow what have been given, have been told, have been directed by Allah. Life about learn, Life and love...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Our Days

October 2011
M T W T F S S
    Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1 other follower

Blog Stats

  • 2,731 hits
